Materi Informatika SMA/MA X - Algortima dan Pemrograman
Switch-case
hampir serupa dengan if-else, switch-case juga digunakan untuk mengeksekusi
pernyataan kondisional. Yang membuat berbeda, switch-case digunakan untuk
mengeksekusi sebuah kondisi hanya dalam bentuk perbandingan == (sama dengan).
Biasanya perintah ini digunakan dalam game seperti mobil balap. Jika keypad A
ditekan, maka mobil akan bergerak ke arah kiri. Sementara jika keypad B
ditekan, maka mobil akan bergerak ke arah kanan.
Bentuk Umum switch-case
adalah sebagai berikut:
switch(variabel) {
case nilai1; //jalankan instruksi
break; //hentikan
case nilai2; //jalankan instruksi
break; //hentikan
case nilai3; //jalankan instruksi
break; //hentikan
case nilai4; //jalankan instruksi
break; //hentikan
default: //jalankan instruksi
break;//hentikan
}
Catatan :
• break artinya berhenti. Ini untuk memerintahkan komputer untuk berhenti mengecek case yang lainnya.
• default artinya jika nilai variabel tidak ada yang sama dengan pilihan case diatas, maka kerjakan kode yang ada di dalam default.
Contoh
switch (nama_hari) {
case = 1;
prinft(“Senin”);
break;
case = 2;
prinft(“Selasa”);
break;
case = 3;
prinft(“Rabu”);
break;
case = 4;
prinft(“Kamis”);
break;
case = 5;
prinft(“Jumat”);
break;
case = 6;
prinft(“Sabtu”);
break;
case = 7;
prinft(“Minggu”);
break;
default;
prinft(“Tidak ada nama hari yang sesuai”);