• About
  • Privacy Policy
  • Terms and Conditions
  • Disclaimer
  • Contact Us

Kanal Informatika

Iklan
  • Home
  • INFORMATIKA SMA ▼
    • Algortima dan Pemrograman
    • Analisis Data
    • Berpikir Komputasional
    • Dampak Sosial Informatika
    • Integrasi Antar Aplikasi
    • Jaringan Komputer
    • Praktek Lintas Bidang
    • Sistem dan Teknik Komputer
    • TIK
  • INFORMATIKA SMP ▼
    • Algortima dan Pemrograman
      • KELAS X
      • KELAS XI
      • KELAS XII
    • Analisis Data
    • Berpikir Komputansi
    • Dampak Sosial Informatika
    • Integrasi Antar Aplikasi
    • Jarngan Komputer
    • Praktek Lintas Bidang
    • Sistem Komputer
    • Teknik Komputer
    • TIK
  • Tips

Minggu, 29 Oktober 2023

Home » Sistem dan Teknik Komputer » Sistem dan Teknik Komputer

Sistem dan Teknik Komputer

  PakGul     Minggu, 29 Oktober 2023

 Materi Informatika SMA/MA X - Teknik Komputer


Sistem Komputer

Sistem komputer adalah kumpulan perangkat-perangkat komputer yang saling berhubungan dan berinteraksi satu sama lain untuk melakukan proses pengolahan data, sehingga dapat menghasilkan informasi yang di harapkan oleh penggunanya. Secara umum komponen pada sistem komputer dibagi menjadi tiga yaitu Hardware, Software dan Brainware. Ketiga komponen tersebut masing-masing memiliki peran yang sangat penting dalam mengelolah data menjadi informasi.

Hardware

Software

Brainware

Gambar 1.1 Skema Komponen Utama Komputer

Perangkat-perangkat tersebut memiliki fungsinya masing-masing pada sistem komputer. Namun saat beroperasinya perangkat-perangkat komputer tersebut akan bekerja dan saling mendukung satu sama lain. Hardware tidak akan berfungsi tanpa adanya software dan juga sebaliknya, dan keduanya tidak akan bermanfaat untuk menghasilkan informasi jika tidak ada brainware yang mengoperasikan dan memberikan perintah. Jadi dapat di katakan bahwa komputer bukan sebagai sebuah alat saja tapi juga merupakan sebuah sistem.

 

1.      Prinsip Kerja Komputer

Komputer merupakan sebuah alat elektronok yang mampu melaksanakan tugas diantaranya adalah menerima input, memproses input sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan menampikan hasil dari pengolahan dalam bentuk informasi.

Secara umum prinsip kerja komputer perangkat keras dapat digambarakan seperti dibawah ini.

Gambar 1.2 Prinsip Kerja Komputer

 

2.      Siklus Pengelolaan Data Pada Komputer

Pada dasarnya komputer baru bisa bekerja jika ada aliran listrik. Aliran listrik yang mengalir memiliki dua kondisi, yaitu kondisi ON (HIDUP) yang berarti ada arus listrik dan kondisi OFF (MATI) yang berarti tidak ada arus listrik. Berdasar hal tersebut kemudian dibuat perjanjian bahwa kondisi ON diberi lambang 1 (angka satu) dan kondisi OFF diberi lambang 0 (angka nol).

Semua data yang berupa angka, abjad, karakter spesial, gambar ataupun suara dalam komputer berbentuk biner. Biner dikenal dalam matematika dengan sistem bilangan Basis Dua yang terdiri atas angka 1 dan 0. Kumpulan kode yang dibentuk banyak angka 1 dan 0 menghasikan informasi. Kode tersebut dibuat dengan kesepakatan yang harus dipatuhi oleh semua pihak yaitu kode ASCII (American Standart Code for Information Interchange) merupakan kode yang dipakai pada komputer. Tabel ASCII terdiri atas 256 karakter dari 0 sampai 255 desimal.

 

Bagaimana komputer mengkoversi huruf A ke biner ?

Sebagai contoh, pada saat memasukkan karakter A melalui keyboard secara otomatis komputer mengkonversikan (menterjemahkan) kedalam kode biner 01000001 berarti 8 bit. Demkian halnya ketika akan ditampilkan di layar monitor sebagai output hasil terjemahan 01000001 kemudian diterjemahkan kembali ke dalam bentuk huruf A sehingga dapat dimengerti oleh pengguna komputer.

Pada saat komputer menerima masukan berupa data huruf A, dimana dalam tabel kode ASCII huruf A bernilai 65 desimal, kemudian komputer mengkonversi ke data biner. Perhatikan cara mengkonversi desimal ke biner.

65 : 2 = 32 sisa bagi adalah 1

32 : 2 = 16 sisa bagi adalah 0

16 : 2 = 8 sisa bagi adalah 0

8 : 2 = 4 sisa bagi adalah 0

4 : 2 = 2 sisa bagi adalah 0

2 : 2 = 1 sisa bagi adalah 0

1 : 2 = 0 sisa bagi adalah 1

Urutkan sisa bagi mulai dari yang paling akhir ke awal, sehingga hasil konversi bilangan desimal 65 menjadi biner adalah 01000001. Untuk lebih jelas perhatikan skema dibawah ini.



65

2

1

32

2

0

16

2

0

8

2

0

4

2

0

2

2

0

1

2

1

0

Maka hasil konversi 6510 ke biner : 01000001

 

            Sebaliknya pada saat komputer menampilkan di layar (output) biner 01000001 akan dikonversikan menjadi 65 desimal. Berikut cara mengkonversi biner ke desimal.

010000012     = (0x27)+(1x26)+(0x25)+(0x24)+(0x23)+(0x22)+(0x21)+(1x20)

                        = 0+64+0+0+0+0+0+1

                        = 6510

Jadi hasil konversi 010000012  adalah 6510. Untuk lebih jelas, perhatikan skema dibawah ini.



By PakGul at Oktober 29, 2023
Labels: Sistem dan Teknik Komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Posts

Memuat...

Popular Posts

  • Pilar Pelajaran Informatika
  • Array (Larik) Dalam Bahasa C/C++
  • Penyajian Algoritma
  • Pernyataan switch-case Dalam Bahasa C/C++
  • Pernyataan Bersyarat (Kondisional) Dalam Bahasa C/C++

Labels

Algortima dan Pemrograman Analisis Data Berpikir Komputasional Dampak Sosial Informatika Jaringan Komputer Ragam Informatika Sistem dan Teknik Komputer

About

KanalInformatika merupakan saluran materi pembelarajan informatika untuk semua tingkatan, membahas seputar informatika secara rinci dan mudah dipahami.

Web Links

  • PerpendekURL
  • Wiramologi
  • Metamologi
  • Yahowu
  • Methodist7

Follow by Email

Subsribe to get post update from this blog in your email inbox.

Copyright © Kanal Informatika. All rights reserved. Template by SemuaCuan